Apakah Anda menderita Amandel? Temukan 5 cara untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukannya di rumah!

Obat amandel – Apakah Anda pernah mengalami amandel atau tonsilitis? Anda biasanya terjangkit penyakit ini sejak kecil. Orang dewasa juga dapat mengembangkan tonsilitis, tetapi kondisinya lebih jarang daripada anak-anak dan remaja yang mengembangkan kondisi tersebut.

Amandel adalah peradangan yang terjadi di sekitar amandel akibat infeksi virus atau bakteri. Saat mengalami kondisi ini, Anda akan mengalami sakit tenggorokan dan kesulitan menelan. Maka tidak heran jika berat badan Anda turun hingga penyakitnya sembuh akibat kurang asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, tonsilitis bisa hilang dalam 7-10 hari. Berikut beberapa cara efektif untuk mengatasi tonsilitis atau tonsilitis! Jika anak kecil dan orang tua mereka pernah berkata …

“Jadi jangan makan terlalu banyak cimol!”

1. Berkumur dengan air garam

Metode pertama yang direkomendasikan Mayo Clinic untuk mengobati tonsilitis adalah berkumur dengan garam atau air garam. Caranya juga mudah, karena Anda hanya membutuhkan bahan-bahan yang pasti ada di rumah, seperti 1 sendok teh garam untuk setiap 8 ons (237 mililiter) air panas.

Berkumur dengan air garam saja dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat tonsilitis. Jadi, bilas saja mulut Anda dengan cairan, lalu kocok.

2. Minum antibiotik

Jika tonsilitis Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda memerlukan bantuan dokter. Kemudian dokter meresepkan antibiotik. Penisilin, yang diminum selama 10 hari, adalah pengobatan antibiotik yang paling umum diresepkan oleh dokter untuk tonsilitis yang disebabkan oleh streptokokus grup A.

3. Minum air

Apakah Anda sehat atau menderita tonsilitis, Anda harus selalu terhidrasi. Jadi, penting untuk minum banyak air untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah dehidrasi.

.

4. Jauhi rokok

Merokok dapat memperburuk tonsilitis. Padahal, menghirup asap rokok saja bisa mengiritasi tenggorokan. Untuk melakukan ini, Anda harus meninggalkan lingkungan tempat Anda merokok.

Padahal, caranya sederhana, tinggal di rumah saja untuk menghindari paparan asap rokok. Selain itu, Anda juga harus menahan nafsu makan agar tidak merokok. Sebagai alternatif, Anda bisa mengisap permen seperti Strepsils, yang bisa meredakan sakit tenggorokan.

5. Operasi

Cara terakhir untuk mengobati tonsilitis adalah dengan menjalani operasi. Anda hanya boleh melakukan ini jika tonsilitis sangat parah, terjadi lebih dari 7 kali setahun, menyebabkan kesulitan bernapas.

Tak hanya itu, tonsilitis akut juga resisten terhadap antibiotik, sehingga pengobatan apapun yang Anda lakukan akan selalu gagal. Oleh karena itu, pembedahan adalah pilihan terakhir untuk pengobatan tonsilitis.

Setelah operasi, pemulihan penuh biasanya membutuhkan waktu 7-14 hari. Bahkan selama ini, Anda tidak boleh makan apa yang Anda inginkan, cukup makan es krim.

Ini adalah cara efektif untuk mengobati tonsilitis. Jaga kesehatan, apalagi jika tidak ingin kesulitan menelan makanan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *