Periode Baru Diplomasi Digital Dan Mengapa Indonesia Harus Menyambutnya?

Diplomasi Digital – Kegiatan ini diharapkan jadi kesempatan bagi semua kelompok yang hadir, termasuk sektor swasta, untuk membangun peluang kerja sama di bidang teknologi digital. Albert Triwibowo saat ini tengah menguji studi doktoral di Universitaet Rostock, Jerman, dengan dana siswa Dinas Pertukaran Akademis Jerman dan fokus pada isu diplomasi digital. Ini terutama dalam hal kerja sama dengan pemerintah untuk menghasilkan pertukaran informasi yang lebih efektif dan efisien agar bisa sama-sama hadir serta terlibat dalam hubungan universal. Lebih dari itu, Twiplomacy yang dilakukan Cina mengesankan bahwa pada era digital saat ini setiap aktor mempunyai peluang yang sama dalam hubungan internasional. Hal tersebut tentunya diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk menjadi bertambah bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang tepat & berimbang, seiring dengan banyaknya pihak yang memberi perhatian pada aktivitas digital nun dilakukan.

Masyarakat memiliki kemampuan untuk turut ambil sesi dalam politik internasional. “Oleh karenanya, kita harus medapati kembali diplomasi digital kita untuk meningkatkan kesadaran serta pengembangan, ” tutup Menlu Retno. “Menyediakan akses dunia maya ke semua warga negara melalui infrastruktur, dukungan uang, aspek sosial budaya & kelembagaan telah menjadi dasardari prinsip ini. “

Menlu RI mengatakan bahwa pemerintah demi merangkul raksasa teknologi, sebagaimana Facebook, Google, Instagram dan Twitter untuk menyebarkan pesan damai dan toleransi. SPK tentang Kerja Sama Computer digital bertujuan untuk mempererat komitmen sama, konsultasi, dan persekutuan antara Indonesia dan Australia dalam pengembangan diplomasi digital yang mencakup peningkatan kapasitas sumber daya manusia & pengembangan infrastruktur digital. Indonesia dan Australia sepakat untuk memperkuat permufakatan mengembangkan persekutuan.

Seruan itu datang ketika teknologi sosial media berulang-ulang digunakan sebagai medium untuk memencar kebencian, pola pikir ekstremis, hingga menyulut terorisme –sebuah contoh dari efek ‘pedang bermata dua’ perkembangan pesat TIK. saring berkomentar melalui akun media sosial mereka masing-masing, klarifikasi terhadap satu buah isu tertentu dilakukan melalui website resmi maupun account media sosial, dan lain sebagainya. Dia menambahkan dengan perantara RCDD, para delegasi & peserta dapat saling belajar, saling memperkaya pemahaman mengenai diplomasi digital, saling hidup sama menjembatani kesenjangan internet online, serta membangun langkah rapi dalam menyikapi berbagai tolakan di milenium baru ini. “Ketidakmampuan kita dalam mengikuti lompatan teknologi akan menghasilkan kita tertinggal. Apabila tak dapat menyesuaikan dengan transformasi yang cepat, diplomasi tak akan relevan lagi.

Untuk mengizinkan pengawasan yang efektif, koordinasi dan perencanaan kebijakan internasional di seluruh pemerintahan, dalam menanggapi internasionalisasi birokrasi. “Surat pernyataan kehendak ini bisa mengedepankan langkah untuk paham pengembangan diplomasi digital serta meningkatkan kecekatan diplomasi internet online kami. Surat ini menghendaki meningkatkan kolaborasi antarnegara pada kawasan, ” kata Cecep.

Jakarta – Pemerintah Nusantara dan Pemerintah Australia di Jakarta, Rabu, meneken tembusan pernyataan kehendak (letter of intent/LoI) untuk permufakatan penguatan diplomasi digital. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi kesempatan bagi semua pihak dengan hadir, termasuk sektor swasta, untuk membangun peluang sikap sama di bidang teknologi digital.

Itulah sebabnya sekarang ini saatnya member menyandingkan diplomasi dengan internet online, ” ujarnya dalam sambutannya ketika membuka Regional Conference on Digital Diplomacy pada Jakarta, Selasa (10/9/2019). Sesuatu itu diutarakan Menteri Pendatang Negeri Retno Marsudi tatkala membuka Regional Conference on Digital Diplomacy di Jakarta, Selasa (10/9). “Tugas kita sekarang adalah untuk mengambil kesenjangan digital dan menghalalkan tidak ada yang tertinggal di belakang. Kita harus menyediakan akses internet terhadap semua warga negara melalui infrastruktur dan dukungan finansial, ” ungkap dia. Di kesempatan yang sama, Wali Menteri Luar Negeri Malaysia Marzuki Yahya menilai bahwa harus ada upaya rapi untuk mengatur media toleran. Forum regional itu dihadiri oleh para delegasi dan 200 para peserta yang berasal dari 16 negara di Kawasan Asia serta Pasifik.

Inggris telah membuat sebuah Unit Transformasi Digital, nun ditugaskan khusus untuk pengelolaan layanan digital negara itu, termasuk juga strategi kecakapan digital mereka. Beberapa spesialis kesehatan telah menyarankan Olympiade Rio 2016 ditunda ataupun dipindah. Namun Brasil segera mengeluarkan pernyataan di situs web mereka dan akun media sosial dan pada situs Olimpiade resmi bahwa mereka mencoba usaha terbaik untuk mengamankan kegiatan ini dari virus Zika. Bangsa telah berubah menjadi yang disebut sebagai masyarakat berjejaring (networked society. ) Hampir semua orang di dunia terhubung dan informasi menusuk dengan bebas.

“Internet mungkin bisa menjadi sumber konflik, tentu saja, itu berada di pendatang tujuan diplomasi. Inilah mengapa saatnya bagi dunia kebolehan untuk berjalan seiring beserta dunia digital, ” ucapnya. Untuk itu, Menlu Retno menekankan bahwa diplomasi harus dapat beradaptasi dengan transformasi yang terjadi akibat kecepatan dunia digital agar dapat tetap relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *